June 1, 2015

Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula


Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula - Aktivitas bloging tidak pernah terpisah dari menulis, karena bloging bisa diartikan aktivitas menulis dalam aplikasi web log, jika kita melihat google blog semua berisikan dengan tulisan-tulisan saja, berisikan pengetahuan tentang google yang disajikan hanya berisi tulisan, gambar, dan video saja.

melihat dari google blog atau blog-blog profesional yang ada di internet, rata-rata mereka menggunakan struktur penulisan yang ramah, artinya untuk pembaca sangatlah friendly. Struktur sangatlah penting untuk memudahkan pembaca dalam mencerna makna dan juga untuk memudahkan google bot atau bot-bot lainnya dalam perayapan.

Struktur artikel penting untuk blog Anda.

Struktur adalah hal yang harus dipelajari atau dimengerti pertama kali oleh seorang pemula atau newbie seperti kita. Dalam hal struktur artikel blog, tidak ada satuan pasti yang menjadi standar untuk mengatakan blog itu adalah blog yang memiliki kualitas artikel yang baik. Setidaknya saya merangkum struktur artikel yang harus diperhatikan oleh para pemula dalam menulis konten blog mereka.

Struktur Blog.

 

  • Harus memiliki H1 
H1 atau headline artikel blog  sangatlah penting, H1 adalah gambaran besar tentang artikel yang akan kita bahas nantinya, biasanya blogger otomatis menjadikan judul sebagai H1 mereka, jadi tidak usah cemas jika kalian lupa mengaturnya.

  • Harus memiliki H2
H2 atau subheadline artikel blog adalah bagian-bagian penting yang akan dibahas di dalam blog Anda. H2 yang baik biasanya lebih dari satu, sama hal nya bahasan pelajaran, judul pelajaran adalah matematika namun yang menjadi subheadline nya adalah perkalian, pertambahan, pengurangan, dan pembagian, maka perlu perhatian khusus untuk mengatur H2 itu sendiri agar bisa maksimal.

  • Ejaan dan penggunaan huruf kapital yang benar
Bot-bot yang merayapi blog Anda sudah sangatlah canggih. Dalam algoritma yang dikembangkan oleh Google, mereka melakukan penyeleksian hingga perkata dan ejaan yang benar sesuai dengan kaidah bahasa indonesia. Bagi pemula seperti kita perlu diperhatikan ini, sering kali kita melakukan typo atau penulisan yang salah seperti kata "positif" menjadi "positive" atau dari "produktivitas" menjadi "produktifitas", memang hanya kesalahan kecil yang kita lakukan namun dampak dari itu sangatlah besar, artikel kita tidak akan disukai oleh bot-bot yang ada.

Penggunaan huruf kapital pun juga demikian, setiap penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa akan dikesampingkan oleh bot-bot yang ada, menjadikan artikel kita tidak bisa bersaing dengan artikel yang lain.

Isi konten yang bagus. 

Percuma jika kita sudah memiliki struktur yang baik jika isi konten tidak bermutu, mutu dari konten dapat dilihat dari pengetahuan baru yang dapat diambil dari artikel tersebut. Memiliki is yang berbobot mutlak menjadi pertimbangan penting bagi para pembaca dan search engine menetapkan blog ini bagus atau tidak. Berbeda dengan blog yang berisi konten-konten software yang hanya mengulas sedikit dan menawarkan download, mereka akan dinilai dari kebutuhan pengguna internet di dunia terhadap software tersebut.

Ada sebuah ungkapan para blogger senior yang patut kita ambil pelajaran, yaitu "konten adalah raja". mengacu kepada ungkapan tersebut, orientas yang harus kita pikirkan dan kembangkan untuk menjadi blogger yang lebih profesional adalah dengan memperbaiki konten atau isi blog tersebut. Tulislah artikel sesuai dengan kemampuan kita dan niche blog kita, jangan sampai keluar dari topik yang kita ingin bicarakan.

Banyak yang mengatakan bahwa artikel yang baik itu melebihi dari 2500 kata. Bayangkan saja dengan tulisan sebanyak itu dalam sekali posting, itu akan menyulitkan kita untuk bersaing lebih dengan artikel yang lainnya, namun rata-rata penulis hanya sanggup menulis hingga 1000 kata saja.

Perlu media pendukung.

Media pendukung diperlukan oleh para blogger untuk meningkatkan keberhasilan dia meraih sukses di kancah blogging. Jika kita cermati bersama blog-blog besar selalu menyertakan gambar untuk mendukung kepercayaan dan mutu artikel, tidak hanya sebatas gambar saja, terkadang para blogger menyertakan video dan media lainnya untuk membuat kepercayaan dan mutu blog semakin naik.

Hanya sedikit yang memaksimalkan kesempatan ini, termasuk blog ini yang tidak memuat video-video atau media lain untuk meningkatkan mutu artikel, karena kendala yang dilakukan adalah mencari media pendukung relevan untuk mendukung artikel kita. Walaupun demikian, artikel yang tidak memiliki media pendukung lebih masih bisa bersaing dengan artikel yang memiliki media lebih bagus, dikarenakan faktor-faktor lain.

Keaslian Artikel.

Keaslian artikel juga menjadi faktor utama agar blog kita profesional. Untuk pemula seperti kita jangan sekali-kali melakukan budaya copy-paste, karena sangat merugikan blog yang kita copy. Artikel-artikel yang asli akan lebih mudah menjadi daya tarik untuk para pembaca karena memiliki perbedaan ilmu yang berbeda pula, penting untuk diperhatikan untuk selalu mengecek artikel kita dia copyscape agar tidak terjaring ke dalam artikel yang copy-paste.

demikianlah penjelasan dari kami mengenai tips menulis artikel blog untuk pemula, semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber ilmu untuk kalian, jika ada pertanyaan dan maksud yang kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar. 

0 komentar

Post a Comment

Don't put any links in this blog, because will erase immediately