May 31, 2015

Mempercantik Blog Untuk Pemula Agar Terlihat Profesional

Bloging atau kegiatan nge-blog menjadi terkenal dan diminati oleh masyarakat akhir dekade ini, tren bloging naik karena terbukanya lapangan pekerjaan dan juga peluang meraup profit dari sana, pada tahun 2010 hanya ada 140-juta website saja yang ada di dunia berbeda dengan tahun ini yang mencapai 634 juta menurut inet.detik.com, namun sedangkan pengguna internet yang ada hanya 2,4 milyar.

Hanya mengawali tips saja penjelasan di atas, karena blog yang kurang cantik atau terlihat pemula sering kali tidak dilirik oleh para pengguna internet karena seperti "merusak mata" . Coba kalian lihat blog maxmanreo yang terlihat profesional dan secara struktur penulisan sangat baik, blog ini dikenal dengan pagerank tinggi. 

Sebelum masuk dalam tips, mari kita kenalan dengan blog itu sendiri!.
Berkenalan dengan blog. Blog adalah singkatan dari web log adalah bentuk dari aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halam web umum, maka dari itu blog yang kebanyakan berisikan tulisan-tulisan bukan berisikan video atau pun aplikasi-aplikasi seperti facebook.com.

platform blog. Ada banyak sekali platform blog di dunia ini seperti wordpress, tumblr, detikblog, blogger, dan weebly, tapi hanya ada 2 platform yang sangat populer di kalangan blogger yaitu blogger dan wordpress dikarenakan fitur-fitur mereka yang simple dan powerfull. namun blogger lebih unggul dari segi modifikasi dan sangat terintegrasi dengan google.com. Pilihan tepat jika blog Anda nantinya akan dimonitize atau diuangkan.

Dalam penjelasan kali ini kami mungkin hanya akan membahas cara mempercantik blog dengan platform blogger, dikarenakan platform blogger lebih mudah dan sangat friendly user bagi pemula dan newbie.

buatlah blog anda jadi lebih profesional agar pengunjung lebih nyaman dan siap berlama-lamaan untuk membaca artikel anda

Mari kita awali dengan login terlebih dahulu ke blogger.com, saya sarankan untuk menggunakan gmail, karena akan langsung terintegrasi dan pembuatan blog menjadi tidak rumit. Ketika muncul page seperti ini silahkan ketikan email dan password emailnya di kotak yang telah disediakan.
Setelah masuk silahkan kalian klik template, karena perlu diketahui oleh kalian yang diperlukan pertama kali untuk mempercantik blog adalah dengan memperbaiki template. Template yang di blogger.com sendiri terlihat kurang profesional tidak seperti blog-blog profesional yang ada di internet kebanyakan.

Setelah masuk ke dalam panel template sebaiknya anda mengganti template dengan yang lebih bagus seperti template mas sugeng yang sudah terkenal bagusnya, kalian bisa mendownloadnya di evotemplate.net, di web tersebut memiliki varian template yang beragam dan juga elegan, bisa diambil dari situ atau kalian bisa saya sarankan dengan template evomagz yang tersedia disini

Ketika sudah mengunduh file template itu, silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut:
  1. extract file tersebut 
  2. cari file yang berextensi atau file yang menggunakan fomat XML
  3. buka browser kalian
  4. cari pada panel template tombol cadangkan/pulihkan
  5. setelah itu klik browse
  6. cari file XML yang tadi dan pilih file tersebut
  7. setelah itu klik unggah
Setelah mengupload template tadi silahkan lihat hasilnya seperti apa, jika mau memodifikasinya lebih baik lagi silahkan kalian klik tombol tata letak. Tambahkan widget-widget yang lain untuk mepercantik blog anda.

Pilih widget yang perlu saja. Setelah memiliki tampilan blog yang keren silahkan ambil beberapa widget yang bagus saja tau yang penting saja, seperti popular post, label, arsip dan subcribe, widget-widget yang lain tidak terlalu penting untuk dipajang karena memiliki beberapa kekuarangan. Ini alasan kenapa widget lebih baik yang perlu saja:
  • karena mengganggu loading page
  • karena membuat tampilan tidak profesional
  • karena widget-widget lain tidak menaikan visitor
 Isi pos dengan baik. Blog yang baik mengisi posnya dengan baik pula, tidak hanya blog copas atau hasil dari copy-paste. hal ini agar blog yang kita buat tidak merugikan blog orang lain yang sudah terlebih dahulu membuat konten tersebut dan agar blog yang Anda tulis tidak dibanned oleh pihak google, karena mengandung konten plagiasi.

Demikianlah tips dari kami, semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian, keep bloging para blogger, jangan patah semangat untuk terus memperbaiki blogmu, tidak usah berfikiran untuk langsung menguangkan blogmu, yang terpenting menulis untuk mempersembahkan manfaat, makin bagus ya blognya!

0 komentar

Post a Comment

Don't put any links in this blog, because will erase immediately