March 22, 2017

Bisnis Rumahan

Peluang Bisnis Rumahan

Peluang Bisnis Rumahan

Oke, kali ini saya membuat artikel yang tidak seperti biasanya, pertama kalinya setelah sekian lama tidak membuat artikel dengan niche tips, trick dan beberapa saran untuk dilakukan oleh para pembaca, namun saya ingin sedikit berbagi menjadi orang rumahan yang juga melakukan bisnis rumahan.

Sebelum langsung pada bahasan bisnis rumahan, saya tidak ingin seperti artikel kebanyakan yang memberikan isi artike mengejar target, karena kali ini ingin benar-benar sharing dan memberikan pengalaman kepada para pembaca.

Saya ucapkan selamat kepada anda yang mencari bisnis rumahan untuk sampingan atau pun dengan serius untuk menjalani atau menjadikan bisnis rumahan ini menjadi hal utama dalam bekerja, karena kalian setidaknya memiliki mental atau semangat untuk membangun negeri ini.

Kualitas Bisnis Rumahan.

Beberapa hal yang menjadikan saya ingin membahas kualitas dulu karena ini adalah bisnis, bisnis tanpa kualitas hanya seperti berbisnis kegagalan, karena yakin lah yang membuat para pembeli datang kembali adalah mereka merasakan sesuatu yang berbeda yang dapat memberikan kepuasan dibanding dengan yang lain, banyak memang jenis bisnis rumahan namun tidak banyak yang memikirkan tentang kualitas pada awalnya, sehingga mengalami siklus booming temporary, atau hanya meledak sesaat, menjadikan mereka mantan pengusaha, namun untuk memberikan hal yang tidak di dapat dimana pun saya ingin mengatakan untuk memulai dengan memikirkan kualitas.

Ada sebuah istilah, bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat bertahan sampai 5 tahun-10 tahun ke depan, ketika bisnis itu sudah bertahan selama itu, bisnis itu lah yang memiliki kualitas bisnis rumahan yang bagus.

Pilih Bisnis Yang Mudah untuk Dikonsistenkan.

Maksdunya bagaimana ini? maksudnya adalah kita memilih bisnis sesuai dengan kemampuan kita, tidak mengikuti waktu, trend atau pun saran orang, bisnis ini harus murni dengan kemampuan yang kalian bisa lakukan terus menerus, secara singkat adalah memilih bisnis rumahan yang kamu cintai. 

Kenapa harus begini? kenapa harus dicintai, jawabannya sangat mudah yaitu karena bisnis itu tidak akan membuat kamu bosan yang tidak akan membawa kamu ke dalam kegagalan karena kamu tidak suka dengan bisnis ini, kamu akan sering mengeluh dengan apa yang terjadi. saya akan berbagi kisah saja secara singkat, kamu kenal mark zuckerberg? pendiri facebook yang sangat terkenal karena di umur yang masih terbilang muda dia menjadi seorang milyader.

Oke singkat cerita pada awal mulanya dia hanya iseng, dia hanya membuat sesuatu yang dia inginkan dan dia senangi, namun siapa sangka dia menjadikan situs jejaring sosial yang dia buat menjadi situs jejaring sosial terbesar, karena dia dengan sungguh menjalani apa yang cintai, anda bisa melihat film The Social Network sebagai refrensi ini, film auto biografinya mark zuckerberg.

Buat Interaksi Sosial kepada Pelanggan.

"Hmmmm...." gimana itu caranya? dan apa efek dari itu sih bang? 
Kalo dalam pikiran kalian masih ada pertanyaan seperti ini sepertinya kita harus lebih banyak belajar untuk memahami pengaruhnya ya, oke saya akan berikan sebuah cerita inspiratif untuk di dalami.

Kisah Joe Girard salesman 13.000 mobil dalam 15 tahun, atau bisa kita rata-ratakan bahwa dia menjual 900 mobil setiap tahunnya. dia mengatakan: 
“He doesn’t take much advantage but HUGE in Volume” 
Yang artinya adalah dia tidak mengambil banyak keuntungan dari setiap penjualan, dia membuat volume penjualan yang besar dengan memandang setiap pembeli sebagai aset, hingga sampai yang paling hebatnya dia mengetahui hari ulang tahun pembelinya, sehingga menimbulkan kesan berbeda dari penjual mana pun, efek sosial lah yang dapat memberikan kekuatan loyalitas tingkat tinggi, hingga pada tahap tertentu pembeli dapat menjadi marketing selanjutnya tanpa disuruh.

Setelah panjang lebar ke tahap konsep untuk membangun bisnis rumahan anda mari kita melihat bagaimana peluang itu dibangun, karena saya yakin kita belum dalam tahap menciptakan peluang. satu hal pula artikel bisnis rumahan ini tidak berusaha untuk menjebak atau pun menyarankan ikut ini itu agar kalian kaya, saya berkata:
"jika ingin kaya maka lakukan dengan tanganmu sendiri, tidaklah suatu kaum itu berubah, tanpa dia merubah dengan tangannya sendiri"
pernyataan itu cukup jelas untuk memberikan standar bukan disini anda bisa kaya, tapi di tangan anda sendiri lah yang menentukan.

Bagaimana kita membangun peluang bisnis rumahan?

Mari kita lihat dulu apa hal-hal yang dapat mendukung kamu, beberapa pertanyaan khusus untuk hal ini: 
apakah kamu memiliki akses internet cepat?
apakah kamu memiliki kendaraan?
apakah kamu memiliki keahlian khusus?
apakah kamu memiliki alat komunikasi?
apakah kamu memiliki barang bekas?

Jika kamu tidak memiliki semua itu, oke baik lah saya punya saran yang baik untuk kamu untuk memulai bisnis rumahan yaitu: bisnis Jual beli dengan cara memutarkan barang. tapi sebelum itu dimulai beli lah alat komunikasi untuk mempermudah penjualan.

Berbeda dengan reseller, karena reseller itu kita dituntut untuk menjualkan barang-barang mitra kita, tapi kali ini kita menjual barang apa yang kita suka, cara main ini harus cepat, cari dulu potensi barang yang sangat laku, dengan perbandingan harga lebih murah dari biasa, anda bisa melihat barang-barang tersebut di Lazada, bukalapak, atau pun di toko-toko yang berbentuk fisik, namun dengan harga lebih murah walau itu hanya Rp500,- saja.

Maka pilihlah pasar yang paling dapat dipercaya, saya menyarankan facebook,media-media pribadi terlebih dahulu, jika ingin memperbesar jangkauannya silahkan ambil pasar situs toko online terpercaya seperti di atas, lantas bagaimana saya menjual di situs itu tapi saya menjual barang dari situs itu? oke, jika kalian jualan di buka lapak maka ambil lah di lazada, namun jika anda mengambil di buka lapak maka jual lah di lazada atau situs lain yang sejenis, anda tidak melakukan apa pun hanya reshare namun dengan harga yang lebih mahal dari harga asli kamu beli.

Satu hal, saya prefer untuk mengambil barang dari toko-toko biasa saja namun dijual di toko online, lebih original dan bagus.


Masih banyak lagi bisnis rumahan yang dapat kamu ambil, namun berhubung saya masih harus mengerjakan berbagai aktivitas, saya menyudahi tulisan ini sampai disini dulu, masih ada lanjutannya, namun jika kalian ingin request silahkan saya akan sharing lagi untuk memberikan pengalaman. 

terim kasih

0 komentar

Post a Comment

Don't put any links in this blog, because will erase immediately